Bagaimana Cara Menjalankan Program Java Dengan Mudah ?

Cara Menjalankan Program Java



Mengapa Java Sangat Popular Sampai Sekarang ?

Java sebuah bahasa pemprograman yang dipakai disemua aplikasi. Mulai dari telepon gengam yang biasanya ada di luar. Mungkin kalau orang dulu masih kenal dengan telepon gengam yang menggunakan koin. Tetapi sekarang sudah di gantikan dengan smartphone yang lebih cerdas dan biasaya untuk dipakainya pun sangat murah. Java di kembvangkan oleh perusahaan oracle yang sampai saat ini sangat popular sekali dan didirikan pada tahun 1995 dan mempunya bahasa yang lebih complex yang memudahklan programmer menguasainya.

 

Bagaimana Cara Menjalankan Program Java ?

Beberapa cara untuk menjalankan program java ada banyak sekali caranya, salah satunya dengan aplikasi atau cmd atau bahkan dengan terminal.

Biasanya banyak orang menggunakan aplikasi, mengapa ?
Karena dengan aplikasi, Anda bisa sekalian mengedit dan bisa dikasih tahu oleh  IDE, mana yang errornya.

Apa Itu IDE ?


IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak.Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak


Dengan aplikasi apa program java bisa di jalankan ?


  1. Netbeans
  2. Intellij IDEA Community


Saran saya Jika Ingin Menjalankan Semua Program Java Dengan 2 Aplikasi ini, mengapa ?
Karena tampilannya lebih enak di pandang serta sudah mempunyai fitur IDEA. Jika ada saran aplikasi coba deh di komen aja ya biar saya masukkan saran anda.

Ok, apasih perbedaan dari 2 aplikasi diatas ? 

1. Netbeans



Pertama kali ngoding java saya menggunakan sebuah aplikasi ini dan hasilnya sih enak dan mudah di pahamindari semua menu dan toolsnya dan windowsnya mudah di mengerti dan mirip dengan android studio. Tapi fitur masih lebih baik Intellij IDEA.

Tapi yang enaknya dari aplikasi netbeans kalian tidak perlu ram besar untuk menjalankan sebuah aplikasi ini karena aplikasi ini hanya membutuhkan ram sebesar 200mb saja.
Tema tidak bisa diganti jadi jika tidak selera harus di paksakan hehehe..

2. Intellij IDEA



Pertama Kali melihat aplikasi ini pasti langsung terbayang dengan tampilan yang sangat flat design dan minimalis serta tampilan yang mirip sekali dengan android studio.
Dan fitur yang lbeih unggul dari netbeans. Aplikasi ini juga di kembangkan oleh developer android studio maka dari itu aplikasi ini mirip dengan android studio.

Tapi aplikasi ini sangat berat sekali. Aplikasi ini bisa memakan RAM sebesar 500mb jadi kalian harus melihat RAM anda sebelum mendownload aplikasi ini.

Ok jika kalian ingin menjadi developer java silahkan download aplikasinya dibawah ini :


Jika kalian mempunyai program Java Atau pemprgraman lainnya dan ingin di share silhakan hubungi admin Cogramer (Code Programing) di ContactUS
Disqus Comments